Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bidan FK UNAIR selain diharapkan memiliki hardskiill (kemampuan akademik) yang baik, juga ditargetkan untuk memiliki softskill yang baik. Untuk itu, mahasiswa aktif mengikuti kegiatan diluar agenda akademik kampus dengan bergabung dalam Ormawa (Organisasi mahasiswa). Dalam bidang kebidanan, terdapat tiga jenis Ormawa yang dapat diikuti mahasiswa PSPB, baik organisasi dengan level internal kampus (HIMAWARY), level nasional (IKAMABI), maupun organisasi yang berbasis pada manajemen berkala ilmiah/ jurnal (BIMABI). Namun, dikarenakan padatnya jadwal akademik saat program profesi, dan kewajiban bagi mahasiswa untuk terjun penuh ke lahan klinik, maka keterlibatan organisasi mahasiswa tidak sebanyak saat masih di program sarjana, dan keterlibatan itupun mahasiswa sudah tidak terlalu terjun secara teknis di organisasi, melainkan lebih kepada menyumbangkan pemikiran/ gagasan seperti tergabung dalam tim penasihat, Board of Director, Board of Advisor, maupun Dewan Pertimbangan Agung.

 

  • HIMAWARY (Himpunan Mahasiswa Midwifery)
  • Latar Belakang

Himawary BEM KM FK UNAIR di dirikan pada tanggal 7 Oktober 2008 dan disahkan pada tanggal 30 April 2009 di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Didirikan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mengembangkan diri mahasiswa kearah perluasan wawasan dan peningkatan kemampuan analitis kritis, kreatif dan terampil demi meningkatnya derajat kesehatan masyarakat Indonesia
  3. Menumbuhkan pemahaman tentang profesi S1 Pendidikan Bidan
  4. Meningkatkan kerjasama serta persatuan dan kesatuan

 

 

 

 

 

 

 

  • Struktur Organisasi

 

  • Visi

Menjadikan Himawary BEM KM FK UNAIR sebagai wadah untuk mewujudkan softskill dan hardskill yang berkualitas dan mengayomi serta menjadi wadah aspiratif mahasiswa Program Studi Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang memiliki Tanggung Jawab, Potensi dan Kepeduliaan dengan menjunjug tinggi nilai-nilai religius yang mencerminkan visi Universitas Airlangga

  • Misi
  1. Menjunjung tinggi motto Universitas Airlangga “Excellence with morality”
  2. Meningkatkan kesejahteraan, kebersamaan dan semangat kerja pengurus serta anggota Himawary BEM KM FK UNAIR
  3. Menjalin hubungan baik dengan instansi terkait baik didalam maupun diluar Fakultas Kedokteran Universitas
  4. Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

 

 

 

 

 

  • Program Kerja
Kegiatan Departemen Deskripsi
For Share In HUBEKS Kegiatan berupa sharing mengenai organisasi dengan stakeholder (Ikatan Bidan Indonesia) atau institusi lain untuk menambah pengaetahuan dan meningkatkan kinerja Himawary.
Tenderisasi Program Kerja IKAMABI HUBEKS Setiap tahun, Pendidikan Bidan Unair selalu menjadi tuan rumah dalam setiap event IKAMABI (Ikatan Mahasiswa Bidan) Nasional. Tahun ini, Pendidikan Bidan Unair mendapat tender NCMSC, lomba cerdas cermat untuk institusi bidan se Indonesia.
PELVIS KPSDM PELVIS (Pelatihan dan pembinaan mahasiswa baru program studi pendidikan bidan) merupakan kegiatan kaderisasi untuk mahasiswa baru pendidikan bidan setiap tahunnya.
LAKTASI (Latihan Kepemimpinan Tingkat Menengah Mahasiswa) KPSDM Pembinaan dan pelatihan  mahasiswa di bidang kepanitiaan dan kepengurusan organisasi dalam hal kepemimpinan dan managerial dengan:

Materi Kegiatan

1.    Membangun jejaring organisasi

2.    Keterampilan resolusi konflik dan pengambilan keputusan

3.    Keterampilan komunikasi

4.    Pengukuran kinerja organisasi

5.    Rencana pengembangan organisasi

6.    Kepemimpinan situasional dan gaya kerja pemimpin

 

WARFARIN (Welcom Party Himawary) KRT Warfarin merupakan kegiatan awal kepengurusan Himawary. Kegiatan ini bertujuan  untuk mempererat hubungan antar pengurus, menyamakan visi misi untuk 1 tahun kepengurusan ke depan, sekaligus membahas AD/ART Himawary
OLFACTORY (Olympic and Form of love with Himawary) KRT OLFACTORY adalah Dies Natalis Himawary, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan antar mahasiswa dan alumni PSPB FK UNAIR. Untuk kegiatan tahun ini adalah pembuatan forum yang dihadiri oleh alumni dan mahasiswa PSPB mulai angkatan 2008-2017 baik jalur regular maupun alih jenjang sebagai sarana sharing.
SIMFISA PENDPRO Kegiatan seminar nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Midwifery BEM KM FK Unair dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Peserta seminar adalah bidan, mahasiswa kesehatan, tenaga kesehatan, serta masyarakat umum. Materi disampaikan dengan metode ceramah, simulasi, dan tanya jawab dari 3 pemateri serta dipandu oleh 1 moderator dengan tema serta materi yang sesuai dengan perkembangan ilmu kesehatan khususnya kebidanan saat ini.
SECRET (Sex Of Reproducion) PENGMAS Merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang sasaran kegiatanya adalah siswa SMP yang membutuhkan pembinaan tentang pengetahuan dan pendidikan seks yang benar. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara periodik. Tahun ini merupakan tahun ketiga dilaksanakannya Secret oleh Himawary.
GRAMINUS (Gerakan Ibu Hamil Penuhi Nutrisi) PENGMAS Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan pembekalan dan penyuluhan mengenai kebutuhan nutrisi tambahan pada ibu hamil. Pada pertengahan acara juga ada kegiatan demo masak untuk ibu hamil supaya ibu hamil tidak bosan setelah mengikuti materi. Menu masakan juga disesuaikan dengan menu makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Pada akhir acara dilakukan kegiatan minum susu bersama dan pembagian susu ibu hamil secara gratis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. IKAMABI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Kebidanan Indonesia)

 

  • Latar Belakang

IKAMABI  adalah  Ikatan  Lembaga Mahasiswa  Kebidanan  Indonesia.  Organisasi  ini  berawal  dari  IMABI  yang  dibentuk melalui deklarasi kentingan di Surakarta pada 13 Desember 2009 dengan keanggotaan yang terbatas pada daerah Joglosemar  sehingga  masih  disebut  IMABI  Joglosemar.  Kemudian  keanggotaan  IMABI  berkembang  hingga wilayah jawa timur melalui East Java Midwifery Forum (OVARIUM) dan sebagian wilayah Jakarta. IMABI diubah  nama  menjadi  IKAMABI  melalui  kongres  persiapan  deklarasi  IMABI  pada  12  Nopember  2011  di Surakarta. Pada Munas-Rakernas tahun 2013 kemarin disepakati bahwa IKAMABI adalah singkatan dari IKATAN LEMBAGA MAHASISWA KEBIDANAN INDONESIA. IKAMABI  merupakan  organisasi  mahasiswa  seprofesi  yang  bersifat  independen  dan  nonpolitik berdasarkan  Pancasila  dan  UUD  1945.  IKAMABI  beranggotakan  mahasiswa  atau  himpunan  mahasiswa kebidanan, dimana jenjang pendidikannya berbeda. Selain itu, masih banyak institusi pendidikan kebidanan yang belum  terakreditasi  dan  belum  memiliki  himpunan  mahasiswa  sehingga  menjadi  tantangan  untuk  kaderisasi IKAMABI  sendiri.  Dalam  perkembangannya  melalui  Kongres  persiapan  deklarasi  IMABI  pada  12  Nopember 2011  di  Surakarta,  IKAMABI  berusaha  mendapatkan  legalitas  keorganisasian  melalui  konferensi  mahasiswa kesehatan  internasional  pada  3-6  Desember  2011  di  Bali.  Dengan  legalitas  tersebut,  IKAMABI  diharapkan mampu  mencapai  tujuan  sesuai  arah  gerak  yakni  menjadi  organisasi  kemahasiswaan  yang  berfokus  pada peningkatan  mutu  keorganisasian,  pendidikan  dan  keprofesian  serta  kontribusi  dalam  masyarakat  yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pola  dasar  pengembangan  IKAMABI  yang  berpedoman  pada  arah  gerak  IKAMABI  yaitu  Menjadi organisasi kemahasiswaan yang berfokus pada peningkatan mutu keorganisasian, pendidikan dan keprofesian serta kontribusi dalam masyrakat berlandaskan keimanan danketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang ditetapkan pada 11 November 2011 melalui Kongres Persiapan IMABI di Surakarta. Peningkatan mutu keorganisasian bergerak pada dua  bidang  yaitu  bidang  Sumber  Daya  Mahasiswa  dan  Administrasi  organisasi.  Pengembangan  Sumber  Daya Mahasiswa ditopang melalui pengoptimalan Kaderisasi. Pengembangan Administrasi organisasi ditopang melalui pengoptimalan  inventarisasi,  dokumentasi  dan  prosedural  administrasi  Peningkatan  pendidikan  dan  keprofesian diwujudkan dalam dua arah pengembangan yaitu secara vertikal dan horizontal. Arah vertikal diterapkan melalui advokasi  kepada  pihak  terkait  sedangkan  arah  horizontal  diterapkan  melalui  kegiatan  yang  mendukung peningkatan  akademik.  Kontribusi  dalam  masyarakat  dikembangkan  melalui  kegiatan  nyata  dalam  peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

  • Visi dan Misi

VISI

Empowering Midwifery Studenst

MISI

  1. Menjunjung tinggi Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Meningkatkan Solidaritas di dalam internal organisasi
  3. Menguatkan sistem internal sebagai pondasi dalam pengembangan eksternal
  4. Meningkatkan motivasi pengurus IKAMABI
  5. Meningkatkan kontribusi dalam pengabdian masyarakat
  6. Menjaring aspirasi mahasiswa kebidanan dalam meningkatkan kualitas pendidikan kebidanan
  7. Mengembangkan jaringan eksternal dalam meningkatkan eksistensi IKAMABI di tingkat Nasional
  8. Membina dan menjalin hubungan antar mahasiswa kebidanan Indonesia, organisasi mahasiswa eksternal yang lain, dan lembaga-lembaga terkait kebidanan.

 

  • Struktur Pengurus Harian Ikamabi Nasional 2016-2017

PENGURUS HARIAN NASIONAL IKAMABI PERIODE 2016/2017

  1. Sekretaris Jenderal : Nisaatul Maharanita Fitrianingrum (Universitas Gadjah Mada)
  2. Wakil Sekretaris Jenderal Internal : Fitriah Annisa (Universitas Airlangga)
  3. Wakil Sekretaris jenderal Eksternal : Agreska Clara Magriva (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
  4. Sekretaris Umum : Farina Intan Widya (Poltekkes RS Dr. Soepraoen Malang)
  5. Bendahara Umum : Ati Fitriani (Poltekes Kemenkes Surakarta)
  6. KPSDM (Kaderisasi dan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

Kepala Departemen : Mita Murdiana (Poltekkes Kemenkes Surakarta)

Staff :

  • Yunidztia Zukhrina (Universitas Brawijaya Malang)
  • Safira Kansa Madyasari (Universitas Padjajaran Bandung)
  • Nurulia Eka rahmawati (Universitas Padjajaran Bandung)
  1. KSK (kesekretariatan)

Kepala Departemen : Vina Azizah Nur Aini (Universitas Gadjah Mada)

Staff :

  • Erinda Prasista
  • Azmi Lathifah (Universitas padjajaran)
  1. Danus (Dana Usaha)

Kepala Departemen : Alfi Fia (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang)

Staff :

  • Siti Nur Jannah (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang)
  • Cynthia Ramadhan Asriati (Universitas Padjajaran)
  • Horinah (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang)
  1. Pengmas (Pengabdian Masyarakat)

Kepala Departemen : Riska Dwi Hastuti (Universitas Brawijaya Malang)

Staff :

  • Sri Rahayu
  • Rofidah (Poltekkes RS Dr. Soepraoen Malang)
  • Putri Novela (Universitas Brawijaya)
  • Noni Iva (Poltekkes RS Dr. Soepraoen Malang)
  • Istna Qurrota (Poltekkes Surakarta)
  1. Pendprof (Pendidikan dan Profesi)

Kepala Departemen : Ryana Fitriani (Universitas Padjajaran)

Staff :

  • Lita Anggun (Poltekkes Surakarta)
  • Cintya Diana (Poltekkes RS Dr. Soepraoen Malang)
  • Vera Vauziah (Universitas Padjajaran)
  1. Kastrat (Kajian trategi)

Kepala Departemen :  Ainyta Safitri (Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Staff :

  • Munawaroh (Universitas Airlangga)
  • Fingki Nurjamilah (Universitas Padjajaran)
  1. Humas (Hubungan Masyarakat)

Kepala Departemen : Kanda Izzatul Aini Ardelia (Universitas Airlangga)

Staff :

  • Audina Solicha (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
  • Aprilita (STIK Bina Husada Palembang)
  • Anggun Pitaloka (Universitas Brawijaya Malang)
  • Nurul Izzah (Universitas Padjajaran)
  1. MEDINFO (Media dan Informasi)

Kepala Depertemen : Arina Nursafrina Rahmatina (Universitas Gadjah Mada)

Staff :

  • Ayu Restu Kinanthi (STIK Bina Husada Palembang)
  • Eza Yayang (Poltekkes Kemenkes Semarang)

 

 

 

 

 

  • Program Kerja
  1. MUNAS RAKERNAS IKAMABI VI

Acara ini merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan oleh IKAMABI. Musyawarah Nasional dan Rapat Kerja nasional (Munas Rakernas) IKAAMABI 2017 akan di selenggarakan di Malang sekitar bulan Maret 2017.

  1. LKMMN dan Upgrading IKAMABI

LKMMN merupakan Latihan Kepemimpinan Manajemen/Manjerial Mahasiswa yang dilakukan dari tingkat Institusi Kebidanan (Hima/BEM) wilayah dan Nasional. Program kerja ini dilaksanakan satu kali dalam masa kepengurusan baik di tingkat institusi, wilayah maupun nasional. Pada periode kepengurusan ini LKMMN akan dilaksanakan di Jakaarta sekitar bulan Agustus-September 2016.

  1. IHT

IHT IKAMABI merupakan kepanjangan dari In House Training IKAMABI, berupa road show Leadership dan Capacity Building untuk ketua Hima/BEM di  institusi kebidanan. Kami berharap program In House Training (IHT) IKAMABI ini dapat menjadi salah satu bentuk nyata peningkatan pengetahuan dan pemahaman seluruh mahasiswa kebidanan di Indonesia mengenai pentingnya berorganisasi yang nantinya Outcome  dari kegiatan ini  adalah meningkatnya kesadaran mehasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka melalui kemampuan advokasi dalam mengawal kebijakan pendidikan, isu-isu kesehatan khususnya kebidanan dan meningkatkan kualitas lulusan kebidanan Indonesia. Program kerja ini dibreakdown ke wilayah dan di laksanakan satu kali dalam masa kepengurusan.

  1. FORMABI (Forum Mahasiswa Bidan)

FORMABI merupakan kepanjangan dari forum mahsiswa bidan adalah suatu forum hearing dan audiensi kepada steak holder untuk memaparkan hasil kajian isu tertentu. Program kerja ini dilakukan satu kali dalam masa kepengurusan ditingkat nasional. Pada periode kepengurusan IKAMABI 2016-2017 ini, FORMABI akan dilaksanankan di Surabaya sekitar bulan Oktober-September di Surabaya.

  1. Baksos Nasional

Salah satu kewajiban yang menjadi perhatian IKAMABI adalah pengabdian kepada masyarakat. Program kerja ini dilakukan satu kali dalam masa kepengurusan yang dilakukan bersama wilayah.

  1. Peringatan Hari Tematik via Sosial Media IKAMABI

Peingatan Hari Kesehatan nasional maupun dunia yang disajikan dalam bentuk poster serta menambahkan nilai edukasi tentang tema yang diambil.

  1. Kajian Keilmuan Kebidanan dan Studi Banding

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bertukar pikiran yang nantinya dapat menambah wawasan atau ide-ide yang mungkin dapat diterapkan di IKAMABI. Serta diharapkan dapat membangun jejaring/ link antara IKAMABI Indonesia dan Organisasi Kebidanan Internasional.

  1. NCMSC (National Camp Midwifery Student Competition)

National Camp Midwifery Student Competition merupakan suatu ajang perlombaan yang diperuntukkan bagi mahasiswa Kebidanan baik D3, D4, maupun S1 di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas intelektual mahasiswa kebidanan di Indonesia, menjadi wadah untuk proses pengembangan diri serta menjadi wadah silaturahmi antar institusi di Indonesia. NCMSC ini akan di seleggarakan pada bulan November di Bandung.

 

 

 

  1. BIMABI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Kebidanan Indonesia)

Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan (BIMKES) adalah sebuah portal jurnal atau berkala ilmiah yang diharapkan mampu menjadi rumah untuk mempublikasikan karya akademis dari mahasiswa kesehatan di seluruh Indonesia. Langkah ini diinisiasi oleh Health Professional Education Quality (HPEQ)- sebuah proyek peningkatan kualitas pendidikan profesi kesehatan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Keluarnya Surat Dirjen DIKTI No.152/E/T/2012 tentang Wajib Publikasi Ilmiah bagi S1/S2/S3 menjadi penguat latar belakang didirikannya BIMKES.

Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan (BIMKES) atau dapat disebut juga  The Journal of Indonesian Health Professional Student senantiasa berupaya untuk menjadi organisasi open access journal lintas profesi pertama yang dikelola dari, oleh dan untuk mahasiswa. Sebagai rumah dari tujuh program studi, berikut berkala ilmiah yang tergabung dalam BIMKES:

  1. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia (JIMKI)
  2. Berkala Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (BIMKGI)
  3. Berkala Ilmiah Mahasiswa Kebidanan Indonesia (BIMABI)
  4. Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (BIMIKI)
  5. Berkala Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (BIMFI)
  6. Berkala Ilmiah Mahasiswa Gizi Indonesia (BIMGI)
  7. Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (BIMKMI)

Berdasarkan uraian singkat diatas, maka BIMABI sebagai organisasi ilmiah bagi mahasiswa kebidanan Indonesia turut dalam lingkaran sinergi ilmiah BIMKES bersama dengan sub-BIMKES yang lain. Upaya sinergi tersebut juga diwujudkan agar masing-masing sub-BIMKES mampu menjaga kinerja dan menyelaraskan kualitas dari masing-masing sub-BIMKES.

BIMABI sebagai organisasi ilmiah berbentuk organisasi ektrakampus dan bersifat non-profit ini dinahkodai para mahasiswa kebidanan Indonesia. Hingga saat ini, pengurus aktif BIMABI merupakan mahasiswa jenjang sarjana (S1) dari berbagai universitas di Indonesia yang berusaha untuk menghidupkan budaya dan atmosfer penulisan karya ilmiah serta mendorong publikasi hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa kebidanan di Indonesia.

BIMABI senantiasa berusaha mengenalkan, menyebarkan informasi dan memperluas aksesbilitas berkala dengan mengoptimalkan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir. Hingga saat ini, BIMABI telah memiliki ISSN elektronik dan ISSN cetak sebagai perwujudan langkahnya.

Keberadaan BIMABI saat ini dapat menjadi media bagi organisasi profesi untuk menyiapkan dan melahirkan generasi penerus yang memiliki semangat untuk aktif di bidang keilmiahan dan penelitian. Tak hanya itu, BIMABI juga dapat menjadi sarana bagi mahasiswa kebidanan untuk meningkatkan harmoni dan kolaborasi lintas profesi kesehatan.

Garis besar program kerja BIMABI merupakan Call For Paper (CFP) yang diadakan setiap enam bulan sekali. Dalam program kerja ini dilakukan pemanggilan karya ilmiah para mahasiswa kebidanan untuk diterbitkan di berkala sesuai aturan dan ketetapan yang berlaku. Program kerja ini serentak dilakukan oleh seluruh sub-BIMKES. Selain program kerja dalam sinergi BIMKES, BIMABI juga memiliki program kerja mandiri yang dilaksanakan internal BIMABI, seperti : pelantikan pengurus baru, rapat kerja nasional, pelatihan kejurnalan dan pelatihan-pelatihan lain untuk meningkatkan kapasitas bagi pengurus BIMABI.

Berikut merupakan kaleidoskop pimpinan umum BIMABI :

  1. Anggi Saptiwi – 2013 – Universitas Brawijaya
  2. Khoiriyah Novi Astuti – 2014 – Universitas Airlangga
  3. Winda Rinawan – 2015 – Universitas Brawijaya
  4. Bintang Dewantari – 2016 – Universitas Airlangga
  5. Erni Rosita Dewi – 2017 – Universitas Airlangga

Berikut merupakan susunan organisasi BIMABI 2017 :

Badan Pengurus Harian :

  • Board of Director : Bintang Dewantari (Universitas Airlangga)
  • Pimpinan Umum : Erni Rosita Dewi (Universitas Airlangga)
  • Sekretaris : Lila N. Adha (Universitas Airlangga)
  • Bendahara : Erlinda Nadia Irianti (Universitas Airlangga)

Divisi-Divisi :

  • Redaksi :

Fajar Widodo – Kepala Divisi (Universitas Airlangga)

Fikri Audi (Universitas Brawijaya)

Rokhmah Ayu Suliasih (Universitas Airlangga)

Tiara Paradisa (Universitas Andalas)

Amadea Zulfiah (Universitas Airlangga)

  • Layout :

Rizka Sriyouni – Kepala Divisi (Universitas Andalas)

Ainul Azkiya (Universitas Andalas)

Annisa Arvianjani (Universitas Airlangga)

Aisyah Istianingsih (Universitas Andalas)

Nur Anisah (Universitas Airlangga)

  • Public Realtion :

Dian Rahma – Kepala Divisi (Universitas Brawijaya)

Indira Putri (Universitas Andalas)

Nanda Dewi (Universitas Airlangga)

Rizkatul Baroah (Universitas Brawijaya)

Yulia Rahmi (Universitas Andalas)

  • Fundrising :

Desy Surya – Kepala Divisi (Universitas Airlangga)

Fani Usnawati (Universitas Airlangga)

Lailatul Fitriyah (Universitas Airlangga)

Putri Handayani (Universitas Andalas)

Rahayu Harpi (Universitas Andalas)

Nur Iftia (Universitas Airlangga)

Perjalanan panjang menapaki kehidupan sebagai mahasiswa di perguruan tinggi telah diwarnai berbagai pilihan dan sarana untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri, BIMABI adalah satu dari sekian banyak pilihan yang dapat dijadikan keputusan oleh mahasiswa kebidanan Indonesia. Berkala Ilmiah Mahasiswa Kebidanan Indonesia, Be a Midwifery Scientist!